Senin, 19 Desember 2011

Bapak Sosiologi

Berbicara mengenai sosiologi, tidak afdol rasanya bila kita tidak tahu siapa pencetus sosiologi tersebut. Untuk itu mari kita melihat sekilas biografi singkat Bapak Sosiologi tersebut.
Isidore Marie Auguste Fran├žois Xavier Comte atau yang kita kenal sebagai Auguste Comte lahir di Montpellier, Perancis, 17 Januari 1798. Comte lahir di tengah-tengah keluarga beragama khatolik dan berdarah bangsawau. Beliau adalah seorang filsuf dan ilmuwan sosial yang sangat berjasa dalam perkembangan ilmu kemasyarakatan (sosiologi). 

Dia mendapatkan pendidikan di Ecole Polytechnique, Prancis, namun tidak sempat menyelesaikan sekolahnya karena banyak ketidakpuasan di dalam dirinya, dan sekaligus ia adalah mahasiswa yang keras kepala dan suka memberontak. Comte akhirnya memulai karir profesinalnya dengan memberi les privat bidang matematika. Kehidupan ekonominya pas-pasan, hampir dapat dipastikan hidupa dalam kemiskinan karena ia tidak pernah dibayar sebagaimana mestinya dalam memberikan les privat, dimana pada waktu itu biaya pendidikan di Prancis sangat mahal. Selain matematika ia juga tertarik memperhatikan masalah-masalah yang berkaitan dengan masyarakat terutama minat ini tumbuh dengan suburnya setelah ia berteman dengan Saint Simon yang mempekerjakan Comte sebagai sekretarisnya.
Pada tahun 1842 ia menyelesaikan karya besarnya yang berjudul Course of Positive Philosophy dalam 6 jilid, dan juga karya besar yang cukup terkenal adalah System of Positive Politics yang merupakan persembahan Comte bagi pujaan hatinya Clothilde de Vaux, yang begitu banyak mempengaruhi pemikiran Comte di karya besar keduanya itu. Dan dari karyanya yang satu ini ia mengusulkan adanya agama humanitas, yang sangat menekankan pentingnya sisi kemanusiaan dalam mencapai suatu masyarakat positifis.
Comte hidup pada masa akhir revolusi Prancis termasuk didalamnya serangkaian pergolakan yang tersu berkesinambungan sehingga Comte sangat menekankan arti pentingnya Keteraturan Sosial.
Pada tanggal 5 September 1857 Comte mengakhiri hidupnya di Paris, Perancis pada usia yang ke-59 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar