Rabu, 21 Desember 2011

PENGARUH INTERNET TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT


A.    Pengertian Internet
Dewasa ini perkembangan teknologi di dunia ini termasuk di Indonesia berkembang dengan pesat. Hal ini dikarenakan kebutuhan manusia yang tak terbatas dan juga sifat manusia yang tidak pernah merasa puas. Salah satunya adalah perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi. Teknologi ini sangat dibutuhkan oleh hampir semua manusia di dunia. Manusia dan masyarakat modern bahkan menganggap teknologi informasi dan komunikasi merupakan kebutuhan yang pokok dalam hidupnya disamping sandang, pangan, dan papan. Salah satu bukti nyata akan adanya perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi adalah muncul dan berkembangnya internet.
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu Negara ke Negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Internet merupakan sebuah program yang terdapat di dalam komputer yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh data yang ada di data yang ada berbagai macam situs atau web. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan seiring dengan perkmbangan zaman, handphone masa kini juga bisa digunakan untuk browsing dan akses internet. Sehingga sekarang orang dapat dengan mudahnya mengetahui mengenai berbagai macam peristiwa di dunia dengan telepon genggam.

B.     Pengertian Perubahan Sosial Budaya
Perubahan sosial budaya merupakan hal yang umum terjadi dalam setiap masyarakat. Menurut Robert H. Lauer, perubahan sosial budaya adalah gejala yang normal dan berkelanjutan. Perubahan terjadi sesuai dengan hakikat dan hakikat sifat dasar manusia itu sendiri. Manusia selalu berubah dan selalu menginginkan perubahan dalam hidupnya, walaupun perubahan yang diinginkan itu sangat kecil. Manusia merupakan makhluk yang dinamis, aktif, kreatif, inovatif, dan agresif, yang selalu berkembang dan responsive terhadap perubahan yang terjadi di sekitar atau di lingkungan budaya mereka. Perubahan sosial dan perubahan budaya mempunyai satu segi persamaan, kedua-duanya menyangkut suatu adaptasi atau perbaikan dalam cara masyarakat memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
Setiap masyarakat selama hidupnya, pasti mengalami perubahan-perubahan. Perubahan-perubahan tersebut bisa terlihat secara gamblang ataupun tidak, ada yang pengaruhnya luas ada juga yang terbatas, dan ada perubahan yang sangat lambat, ada pula perubahan yang berjalan dengan cepat. Perubahan-perubahan tersebut dapat diketahui dari susunan dan tata kehidupan suatu masyarakat. Perubahan-perubahan dalam mesyarakat dapat mengenai nilai-nilai social, norma-norma sosial, organisasi atau kelompok-kelompok sosial, lembaga-lembaga sosial, lapisan sosial dalam masyarakat atau stratifikasi social, dan interaksi-interaksi sosial.
William F. Ogburn berusaha memberikan sesuatu pengertian tertentu, walaupun dia tidak memberikan suatu pengertian tertentu, walaupun dia tidak memberi definisi tentang perubahan-perubahan sosial tersebut. Dia terutama mengemukakan bahwa ruang lingkup perubahan-perubahan sosial mencakup unsur-unsur kebudayaan baik yang materiil maupun yang immateriil, dengan terutama menekankan pengaruh yang besar dari unsur-unsur kebudayaan yang materiil terhadap unsure-unsur immateriil.
Kingsley Davis mengartikan perubahan-perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Definisi yang lain adalah dari Selo Soemardjan, yang mnyetakan bahwa perubahan-perubahan sosial adalah segala perubahan-perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap-sikap dan pola perilaku diantata kelompok-kelompok dalam masyarakat. Penekanan dari definisi tersebut terletak pada lembaga-lembaga kemasyarakatan sebagai himpunan pokok manusia, perubahan-perubahan mana yang kemudian mempengaruhi segi-segi lainnya dari struktur masyarakat tersebut.

C.    Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Masyarakat
Komunikasi massa dapat dipahami sebagai proses penyampaian pesan, ide, atau informasi kepada orang lain dengan menggunakan sarana tertentu guna mempengaruhi atau mengubah perilaku penerima pesan. Komunikasi massa juga dapat diartikan sebagai komunikasi yang terjadi di media massa atau komunikasi melalui media massa, atau komunikasi kepada banyak orang menggunakan sarana media. Media massa sendiri ringkasan dari media atau sarana komunikasi massa.
Seiring dengan berjalannya waktu dan majunya zaman, teknologi pun berkembang semakin pesat. Perkembangan dan kemajuan teknologi ini salah satunya terjadi di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Banyak sekali bermunculan teknologi teknologi baru yang merambah peradaban manusia. Pada zaman dahulu, sebelum ada teknologi seperti sekarang ini, yang ada hanya telepon rumah, bahkan sebelumnya orang berkomunikasi dengan menggunakan telegram atau bahkan dengan surat yang belum pasti akan sampai dalam berapa hari. Seiring dengan berjalannya waktu, mulai bermunculan teknologi seperti telepon rumah, dan telepon genggam (handphone). Dalam perkembangannya telepon genggam atau handphone pun semakin berkembang dengan banyaknya fitur-fitur yang ada. Terlebih ketika munculnya internet, yang notabene merupakan teknologi baru yang dapat menghubungkan orang bukan hanya dalam satu Negara saja, tetapi juga dengan informasi atau orang yang berada di luar negeri.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut bukan tanpa alasan dan fungsi. Tujuan dari kemajuan teknologi khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi adalah dilatar belakangi sifat manusia yang tidak pernah puas dan juga sifat manusia modern yang selalu ingin segala sesuatunya berjalan dengan cepat dan mudah. Atas dasar itulah banyak bermunculan tokoh-tokoh penemu teknologi. Terlebih ketika sekarang ini banyak terdapat situs-situs dan jejaring sosial yang ada pada internet, yang bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi antar daerah bahkan antar Negara di dunia ini. Internet juga muncul karena adanya sifat ketidakpuasan manusia dengan penemuan sebelumnya dan juga kebutuhan manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara jarak jauh tanpa harus membutuhkan waktu yang lama.
Berikut ini beberapa fungsi atau manfaat teknologi informasi dan komunikasi, khusunya internet bagi masyarakat, diantaranya adalah:
·         Internet sebagai sumber informasi tentang hal apapun tentu akan sangat membentu kehidupan masyarakat.
·         Keberadaan internet bias mempermudah dan mempercepat terselesaikannya suatu pekerjaan.
·         Internet bias dijadikan sebagai sarana belajar, missal dengan adanya  perpustakaan online dan kelas online.
·         Internet bias dijadikan sebagai lapangan pekerjaaan, mengingat akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan bisnis online di internet.
·         Media internet juga merupakan media yang bagus dan dapat dijangkau semua kalangan sebagai sarana untuk promosi.
·         Dengan adanya jejaring sosial, dapat mempermudah interaksi dan komunikasi antar manusia. Dan dapat digunakan sebagai sarana silaturahim secara tidak langsung.
·         Bahkan ada yang menggunakan internet sebagai ajang mencari teman dan atau mencari jodoh.

D.    Dampak Komunikasi dalam masyarakat
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memiliki dampak tersendiri. Dampak tersebut ada dua macam, aitu dampak positif dan dampak negatif.
a.       Dampak positif
-          Internet dapat menghubungkan penggunanya dengan pengguna lain di seluruh dunia
-          Menjadi media pertukaran data yang sangat cepat
-          Manusia dapat memperoleh data atau infrmasi dengan mudah dan cepat
-          Kemudahan memeproleh informasi yang ada di internet sehingga kita tahu apa saja yang terjadi di dunia
-          Bias digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dsb
-          Kemudahan transaksi dalam berbisnis

b.      Dampak negatif
-          Semua orang terutama anak-anak dapat mengakses segala macam data atau informasi termasuk mengenai pornografi dan hal-hal yang terlarang lainnya
-          Penipuan dengan modus baru dalam internet
-          Bisa membuat orang kecanduan, misalnya kecanduan menggunakan jejaring sosial dan situs-situs lainnya, yang justru menyebabkan orang-orang malas untuk berkomunikasi dengan masyarakat di lingkungannya, sehingga sosialisasi dalam masyarakat menjadi kurang.
-          Masyarakat dapat dengan mudah melihat trend-trend yang sedang booming di kancah nasional maupun internasional, sehingga ada beberapa masyarakat yang terpengaruh dan bahkan kebudayaannya sendiri menjadi pudar.

5 komentar:

  1. makasih banyak buat infronya, sangat bermanfaat dan menambah wawasan,,... salam sukses !! :-)

    http://goo.gl/e2N1YZ

    BalasHapus
  2. Mau nanya dong apa dampak internet yang selalu di kontrol

    BalasHapus
  3. Mau nanya dong apa dampak internet yang selalu di kontrol

    BalasHapus
  4. sangat membantu...penulisannya juga bagus dan singkat..terima kasih ~

    BalasHapus
  5. Terimakasih, Sangat membantu

    BalasHapus