Senin, 19 Desember 2011

Kalau Begini Siapa Yang Salah?

hmm.. okay, kembali lagi pada hobby saya yang suka mengamati lingkungan sekitar.
ini adalah sebuah hal atau dapat dikatakan fenomena yang banyak terjadi di masyarakat. mengenai upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dengan kelakuan masyarakat. yang saya maksud di sini adalah upaya pemerintah dalam menyediakan sarana prasarana publik dan fasilitas umum.
sebagai salah satu contoh adalah perlintasan kereta api. memang tidak sedikit perlintasan kereta api (terutama daerah pelosok) yang belum ada palang kereta apinya. akan tetapi pemerintah sudah mengupayakan hal tersebut dengan maksimal. pemerintah melakukan perbaikan dan pemasangan pelang pintu kereta api dari tempat-tempat/wilayah yang mudah dijangkau terlebih dahulu.
namun pada kenyataannya masyarakat sendiri sering kali mengabaikannya bahkan menganggap remeh hal tersebut.
sewaktu saya melintasi stasiun lempuyangan, yogyakarta, sirine tanda kereta api akan lewat berbunyi. perlahan palang kereta itupun turun hingga menutup jalan. saya berhenti sebelum palang tersebut turun seluruhnya. tapi tak disangka-sangka ada seorang pemuda yang mengendarai motor melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi menebras palang yang hampir menutup itu.
tak hanya disitu. saya kembali menggelengkan kepala ketika ada seorang bapak yang juga mengendarai motor mengangkat palang yang sudah tertutup dan ia nekat melintasi rel kereta api tersebut, padahal sirine sudah berbunyi cukup lama, palang kereta juga sudah menutup sepenuhnya, dan kereta sudah dekat.
betapa anehnya negri ini. dan betapa konyolnya orang-orang yang ada di negeri ini. pemerintah sudah mengupayakan sarana prasarana publik namun masyarakat sendiri yang meremehkannya. jika nanti terjadi kecelakaan atau kejadian yang terkait dengan sarana tersebut barulah masyarakat memprotes pemerintah bahkan berdemo.
hal ini sebagai bahan renungan untuk masyarakat. memang kita boleh mengkritik kinerja pemerintah, akan tetapi kita juga harus mendukung dan turut menjaga fasilitas yang sudah diupayakan oleh pemerintah. akan lebih baik lagi bila kita semua juga memberitahukan hal ini terhadap orang-orang di sekitar kita, terlebih yang masih menyepelekan hal itu. 
kalau sudah begini siapa yang salah?
mari kita perbaiki bangsa dan negeri ini :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar