Senin, 29 Oktober 2012

Sosiologi Sebagai Ilmu dan Metode



Pengetahuan adalah sebuah kesan di dalam pikiran manusia sebagai hasil penangkapan dan atau penggunaan panca indera. Pengetahuan memerlukan suatu pembuktian kebenaran agar tidak ada prasangka atau ketidakpastian.
Ilmu merupakan kumpulan pengetahuan yang ilmiah yang didapat melalui langkah-langkah, dan dapat dibuktikan kebenarannya secara sistematis. Artinya, diperoleh dengan tahapan-tahapan yang jelas dan merupakan satu kesatuan yang utuh.
Ada beberapa langkah dalam penelitian ilmiah menurut Paul B. Horton, yang mudah disusun secara sistematis tapi tidak selalu mudah untuk dilaksanakan, yaitu sebagai berikut.
1.       Merumuskan masalah
Sebagai langkah awal dalam penelitian sosial, kita harus menentukan suatu permasalahan yang bermanfaat untuk kemudian dicarikan penyelesaian melalui metode ilmiah.
2.       Meninjau kepustakaan
Artinya, kita membaca dan mengumpulkan pendapat-pendapat atau teori-teori yang bisa digunakan untuk mendukung dan memecahkan permasalahan tersebut.
3.       Merumuskan hipotesis
Hipotesis adalah suatu pernyataan yang disusun berdasarkan teori. Tujuannya menghubungkan semua fakta yang telah diketahui dengan cara yang logis dan dapat diuji.
4.       Merencanakan desain penelitian
Bagian ini berisi tentang bagaimana tahapan dan susunan yang akan dilakukan dalam melaksanakan penelitian.
5.       Mengumpulkan data
Data hasil penelitian dikumpulkan untuk menguji hipotesis dan menghindari kesulitan yang tidak terduga.
6.       Menganalisis data
Dalam menganalisis data, yang harus dilakukan diantaranya adalah membuat pengelompokan data, membuat tabel, membandingkan data, serta melakukan berbagai pengujian dan perhitungan yang perlu untuk membantu menemukan hasilnya.
7.       Menarik kesimpulan
Dari berbagai tahapan yang sudah dilakukan, tahap terakhir adalah menarik kesimpulan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar